Inilah Daftar Ribuan Nama Indonesia Di Panama Papers (Alphabetical Order)

daftar nama panama-papers-indonesia

Inilah Daftar 2.961 Nama Indonesia Di “Panama Papers” (Alphabetical Order)

daftar panama papers Indonesia banner
Politicians, Criminals, and the Rogue Industry That Hides Their Cash!
Dokumen sangat rahasia bernama “Panama Papers” atau “Dokumen Panama” berisi 11,5 juta dokumen rahasia dari 214.000 perusahaan luar negeri bocor kena retas! Bocoran ini akan menjadi “kejutan terbesar bagi industri ekonomi bawah tanah” karena jumlah dokumen yang dibocorkan sangat banyak.
Bahkan bocoran Panama Papers ini dijuluki sebagai “bocoran terbesar dalam sejarah jurnalisme data,” oleh Edward Snowden. Bocoran dokumen ini merupakan hasil penyelidikan selama setahun oleh 370 wartawan investigatif dari 76 negara.
Panama Papers adalah kumpulan 11,5 juta dokumen rahasia yang dibuat oleh penyedia jasa perusahaan asal Panama, Mossack Fonseca adalah firma hukum dan penyedia jasa pengelolaan aset perusahaan yang berlokasi di Panama yang didirikan pada tahun 1977 oleh Jürgen Mossack dan Ramón Fonseca.
Mossack Fonseca Co, bertanggung jawab untuk mengawasi dan mengatur jasa-jasa perserikatan dan perwalian aset dari suatu perusahaan. Fokus utama dari firma hukum ini adalah perlindungan aset, perencanaan pajak dan properti. Perusahaan ini memiliki lebih dari 40 cabang di seluruh dunia, yang kini dikenal karena terlibat dalam bocoran dokumen surga pajak Panama Papers ini.
Dokumen ini berisi informasi rinci mengenai lebih dari 214.000 perusahaan luar negeri, termasuk identitas pemegang saham dan direkturnya. (baca artikel sebelumnya: 11,5 Juta Dokumen Diretas! “Panama Papers” Bocoran Dokumen Terbesar Sejagat!)
Logo_Mossack_FensecaSejauh ini, dokumen tersebut telah mencantumkan nama pemimpin dari lima negara, yaitu Argentina, Islandia, Arab Saudi, Ukraina, dan Uni Emirat Arab, serta pejabat pemerintahan, kerabat dekat, dan teman dekat sejumlah kepala pemerintahan dari kurang lebih 40 negara lainnya, termasuk Brasil, Cina, Perancis, India, Malaysia, Meksiko, Malta, Pakistan, Rusia, Afrika Selatan, Spanyol, Suriah, dan Britania Raya.
Rentang waktu dokumen ini dapat ditelusuri hingga tahun 1970-an. Dokumen berukuran 2,6 terabyte ini diberikan oleh seorang sumber anonim kepada Süddeutsche Zeitung pada bulan Agustus 2015 dan International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ).
Dokumen bocoran ini kemudian disebarkan dan dianalisis oleh kurang lebih 400 wartawan dari 107 organisasi media di lebih dari 80 negara! Laporan berita pertama berdasarkan dokumen ini bersama 149 berkas dokumennya telah diterbitkan pada tanggal 3 April 2016 silam. Daftar lengkap perusahaan yang terlibat telah dirilis pada awal Mei 2016 lalu.
Mossack Fonseca adalah badan hukum dan penyedia jasa perusahaan asal Panama yang didirikan tahun 1977 oleh Jürgen Mossack dan Ramón Fonseca. Perusahaan ini menyediakan jasa pembentukan perusahaan di negara lain, pengelolaan perusahaan luar negeri dan manajemen aset.
henry ford quotes
Apa itu bocoran “Panama Papers”?
Untuk dapat menjelaskan tentang bocornya dokumen rahasia ini, IndoCropCircles akan berusaha menjabarkannya secara ringkas dengan cara mencontohkan seolah-olah Anda adalag seorang anak kecil dan tabungan uang-uang yang ada di Panama Papers sebagai layaknya sebuah celengan.
Katakanlah misal Anda adalah seorang anak kecil yang menyimpan koin-koin uang Anda di celengan yang ada di lemari Anda.
Tapi ibu Anda terus mengecek berapa banyak Anda menabung dan mengambil uang dari celengan Anda. Tentunya Anda tidak menyukainya. Agar tak diketahui ibu Anda, maka Anda membeli celengan lainnya dan berencana untuk menitipkannya di rumah Alpha.
Di rumah Alpha, ibunya sangat sibuk. Jadi ibu Alpha tidak memeriksa celengan Anda, itu artinya bahwa Anda dapat secara diam-diam menjaga celengan milik Anda di lemari Alpha tanpa ada yang mengecek celengan kedua milik Anda itu.
Teman-teman Anda dan juga anak-anak tetangga Alpha yang celengannya selalu dipantau ibunya juga berpikir, bahwa cara ini adalah ide yang baik. Maka mereka juga menempatkan celengan mereka di lemari Alpha.
Panama_papers 002Tapi pada suatu hari, akhirnya ibu Alpha menemukan celengan-celengan itu ada di lemari Alpha, di rumah mereka.
Ibu Alpha marah, dan mengontak semua orang tua setiap anak, termasuk Anda, untuk memberitahu pada mereka bahwa anak-anaknya telah menyembunyikan uang mereka di rumahnya.
Cerita animasi seperti diatas itulah pada dasarnya, terjadi kebocoran dokumen Panama Papers ini, dan diketahui bahwa banyak orang-orang penting dan kuat di dunia, telahmenyembunyikan celengan mereka di rumah Alpha, dalam hal ini terjadi di Panama.